Etika
Profesi Pramugari
Pramugari adalah staf
atau karyawan perusahaan penerbangan yang melayani penumpang terutama
keamanannya. Istilah pramugari digunakan untuk staf perempuan, sedang sebaliknya
untuk staf lelaki adalah pramugara.
Tugas Pramugari sebagai penunjang dan penyedia segala
kebutuhan penumpang (passenger) selama
penerbangan dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada para penumpang dengan
memberikan pelayanan secara prima selama perjalanan sehingga penumpang merasa
nyaman dan puas.
Etika yang harus dimiliki oleh seorang pramugari adalah:
1. Teliti
Sebelum penumpang memasuki pesawat terbang
(boarding) pramugari/pramugara harus mengecek terlebih dahulu peralatan
keselamatan penerbangan yang akan dibawa pada penerbangan tersebut. Seperti persediaan
makanan dan minuman, obat-obatan, sabuk pengaman, masker oksigen, pelampung,
dan lain sebagainya.
2. Dapat bekerja dalam tim
Pada saat proses boarding meskipun
barang-barang ke kabin dilakukan oleh penumpangnya sendiri, kondisi ini
biasanya cenderung cukup crowded. Dan pramugari/pramugara juga akan menawarkan
bantuan ke penumpang yang mengalami kesulitan untuk meletakan barang bawaannya
ke bagasi kabin.
3. Ramah
Senyuman, sapaan, serta ucapan salam kepada
penumpang wajib pramugari/pramugara berikan. Bahkan sikap tersebut harus mulai
ditunjukan ketika menyambut para penumpang yang hendak masuk ke dalam pesawat
terbang.
4. Memprioritaskan kenyamanan penumpang
Ketika di udara, pramugari bertugas untuk
menawarkan makanan dan minuman kepada penumpang. Dan ketika terjadi hal
darurat, pramugari/pramugara akan segera mengarahkan penumpang serta memberikan
pertolongan pertama yang diperlukan.
5. Memastikan keselamatan penumpang
Jika penerbangan dalam kondisi darurat,
pramugari/pramugara tidak boleh terlihat panik dan tugas mereka adalah
menenangkan penumpang dan memberikannya prioritas kesalamatan dibanding dirinya
sendiri.
6. Sabar dan tegas dalam bekerja
Dalam penerbangan sering kali didapati penumpang
yang masih belum memasang sabuk pengaman atau masih sibuk menggunakan telepon
genggam mereka. Dalam kondisi seperti ini, kesabaran dan ketegasan
pramugari/pramugara sangat dibutuhkan.
7. Ucapan salam dan terima kasih
Saat pesawat terbang hendak mendarat,
pramugari/pramugara akan kembali memastikan bahwa semua penumpang telah
memasang sabuk pengamannya dengan baik. Dan pada saat pesawat terbang telah
mendarat dan penumpang bersiap turun, pramugari/pramugara akan memberikan
ucapan salam perpisahan dan terimakasih karena telah memilih maskapai
penerbangan nya untuk melakukan perjalanan.
Referensi
0 komentar:
Posting Komentar